Jumat, 16 Agustus 2013

Pentingnya Sebuah Business Plan

Pentingnya Sebuah Business Plan

Untuk memulai sebuah bisnis tentu kita butuh sebuah arahan, sebuah gambaran dan juga sebuah tujuan bagaimana kita akan membuat bisnis kita nantinya. Ibaratnya kita ingin pergi ke suatu tempat tetapi kita tidak pernah ke tempat itu sebelumnya, maka yang kita butuhkan adalah sebuah peta. Dengan peta itu kita bisa mengetahui jalan mana yang harus kita ambil dan misalkan kita salah jalan pun kita dapat melihat kembali peta dan kembali ke jalan yang benar. Dalam bisnis pun kita membutuhkan peta, jadi apa peta untuk membuat sebuah bisnis? ‘Peta’-nya adalah Business Plan. Seberapa pentingkah Business Plan dalam sebuah bisnis? Hampir 60% menentukan berhasil atau tidaknya sebuah bisnis. 60% adalah angka yang besar, oleh karena itu untuk lebih meyakinkan, kita bahas seberapa penting ‘60%’ itu dalam sebuah bisnis.
Sebelum menjelaskan pentingnya sebuah business plan itu, kita bahas dulu apa itu business plan. Business Plan merupakan segala sesuatu tentang usaha yang akan dikelola, tujuan yang ingin dicapai entrepreneur (wirausahawan) dengan usahanya serta cara-cara yang perlu dilakukan untuk meraih tujuan tersebut.
Ada beberapa poin tentang pentingnya sebuah Business Plan dalam memulai sebuah Usaha :

1.      Menentukan arah



Pentingnya business plan yang pertama adalah untuk menentukan arah. Dengan adanya business plan kita sudah dapat merencanakan bagaimana bisnis kita kedepannya, kita akan mengetahui langkah apa yang harus kita lakukan dengan bisnis kita, apabila tidak ada business plan, mungkin kita akan kehilangan arah saat kita menjalankan business, kita akan tersesat dan mungkin saja membawa bisnis kita kepada ambang kebangkrutan. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, business plan ini ibarat sebuah peta dimana kita akan tentukan dahulu rute mana yang kita ambil. Dengan business plan inilah kita akan dituntun untuk menuju target, untuk menuju tujuan dari bisnis kita.


2.      Bahan Evaluasi
Business Plan penting karena itu bisa kita pakai sebagai bahan evaluasi kita saat kita telah menjalankan bisnis kita. Kita dapat mengevaluasi apakah bisnis yang telah kita jalankan ini sesuai dengan yang kita tulis di business plan? Apakah bisnis kita ini telah mencapai target yang kita tetapkan atau tidak? Misalkan bisnis kita tidak sesuai dengan yang di business plan yang telah dibuat, kita bisa mencari dimana letak kesalahan yang membuat bisnis kita tidak berjalan sesuai rencana kita di business plan, dengan evaluasi ini lah kita bisa mengontrol bisini kita agar berada pada jalur yang benar untuk mencapai target atau tujuan kita. Dengan evaluasi ini pula bisnis yang kita jalankan akan berkembang.

3.      Mencari Modal
Dengan bermodalkan business plan, kita dapat mecari investor yang tertarik dengan usaha yang akan kita jalankan. Kalau pun bukan dari investor, business plan juga bisa kita gunakan untuk meminjam uang dari bank yang akan kita gunakan sebagai modal awal dari bisnis yang akan kita jalankan.


4.      Pengaturan Sumber Daya
Dengan business plan kita sudah mengetahui berapa sumber daya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis yang akan dijalankan. Mungkin pada saat awal modal kita akan sangat terbatas, oleh karena itu dengan business plan kita dapat merencanakannya terlebih dahulu untuk mengatur alokasi dari sumber daya yang telah kita miliki.
Itu adalah beberapa point kenapa business plan itu sangat penting dalam memulai sebuah bisnis. Meskipun begitu sebuah business plan tidak dapat menjalankan dirinya sendiri melaikan kita sebagai wirausahawan lah yang harus menjalankannya karena business plan hanyalah sebuah alat bantu dalam menjalankan sebuah bisnis.

referensi dari, mata kuliah kewirausahaan cs.upi.edu, dosen Budi Laksono Putro budi.staf.upi.edu

Tidak ada komentar: